Busana Muslim, JIlbab, Aksesoris Jilbab

Friday, August 9, 2013

Apakah Jilbab Gaul sesuaikah dengan syariat Agama Islam?

Sumber gambar: http://bukusinopsis.blogspot.com
Bolehkah wanita menggunakan jilbab gaul? Permasalahan ini sering sekali dibicarakan banyak pihak dan ini menjadikan perhatian bagi wanita berjilbab karena jangan sampai menggunakan jilbab di luar syariat Agama Islam. Menggunakan jilbab/hijab adalah wajib bagi wanita muslim, artinya jika tidak menggunakannya maka akan mendapatkan siksa atau berdosa.

Semua tubuh wanita adalah aurat kecuali muka dan kedua telapak tangan (HR. Abu Daud No. 3580). Cara menggunakan jilbabnya juga tidak asal semuanya ada aturan yang benar menurut Syariat Islam. Cara menggunakan jilbab yang benar contohnya: Menutupi dada dan longgar. Sebetulnya mudah ketika melihat syariat islam tetap terkadang manusia sendiri yang tidak baik mengamalkannya.

Wanita berhijab juga sangat jelas diperintahkan oleh Alloh dalam Al-Quran salah satunya QS. Al-Ahzab : 59. Ada beberapa permasalahan yang mungkin menjadi masalah kepada wanita berjilbab adalah trend mode atau fashion. Perlu di garis bawahi, sebelum berhijab alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu bagaimana berhijab yang sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, perancang atau desainer muslim juga harus membaca dan paham terhadap jilbab yang dibuatnya supaya sesuai dengan syariat Islam dan ketika digunakan tidak salah dan berdosa.
Kembali ke jilbab gaul yang tidak bisa dihindari dengan perkembangan fashion saat ini. Pengertian jilbab gaul mungkin boleh-boleh saja asal tidak keluar dari syariat islam. Mungkin yang lebih bahaya lagi adalah ketika seseorang yang berniat berjilbab dan dia tidak mengetahui pasti berhijab yang benar (asal menggunakan jilbab) dan disediakan oleh pasar sekarang diberikan jilbab yang tidak sesuai dengan syariat islam, sangat disayangkan.
Saya pernah membayangkan jika di toko busana muslim ada sebuah poster yang memberitahukan bagaimana cara menggunakan jilbab yang baik menurut syariat Islam lengkap dengan keterangan Quran dan Hadisnya mungkin ini bisa mengurangi wanita ketika menggunakan jilbab. Ide ini juga mungkin secara tidak langsung adalah berdawah. Pertanyaan apakah mungkin dilakukan seperti itu?

Sekarang yang wajib diingat ketika berjilbab adalah apakah mau menjalankan Ibadah sesuai dengan perintah Alloh atau ingin hanya sekedar bergaya dengan mengenyampingkan berhijab sesuai dengan syariat Islam.

Apakah Jilbab Gaul sesuaikah dengan syariat Agama Islam? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vita

1 comments:

  1. Oh, jadi gitu yaa berjilbab dengan baik :)
    http://goo.gl/JgQkAl

    ReplyDelete